Alat keselamatan kerja ataupun alat pelindung diri (APD) harus digunakan untuk seluruh pekerjaan entah itu pekerjaan di darat, laut dan udara yang memiliki resiko bahaya pada kecelakaan kerja ataupun penyakit yang disebabkan karena pekerjaan. Menggunakan alat keselamatan kerja dapat menangkal serta dapat mengurangi bahaya yang bisa terjadi disaat melaksanakan pekerjaan. Adapun Undang undang mengenai alat kesehatan kerja yaitu No 1 pasal 14C tahun 1970 berisikan mengenai ketetapan perusahaan untuk seharusnya menyediakan segala alat keselamatan kerja atau pelindung diri terhadap seluruh orang termasuk pengunjung yang hendak mengunjungi zona kerja tersebut. Alat itu juga harus dilengkapi dengan arahan yang diperlukan yang sesuai dengan pakar k3 maupun pengontrol yang sedang bertugas.

Berdasarkan undang-undang yang sudah ditentukan asal bahaya di zona kerja dapat berupa mesin yang rusak maupun alat kerja yang telah atau tidak cocok untuk digunakan sehingga terjadi kerusakan yang bisa menyebabkan kecelakaan. Semua yang berkaitan dengan pekerjaan harusnya memenuhi standar operasional supaya tidak memicu kecelakaan, maka dari itu sangat dibutuhkan alat keselamatan kerja karena alat tersebut memiliki fungsi yang sangat penting untuk keselamatan serta keamanan diri. Jika terjadi pelanggaran dalam penggunaan serta pemakaian alat keselamatan kerja serta fungsinya ini maka pemerintah akan memberikan hukuman berupa teguran, peringatan, pembatasan pada kegiatan usaha, penghentian aktivitas produksi, hingga pencabutan atas izin usaha. Oleh karena itu kita harus memahami segala bentuk alat keselamatan kerja serta fungsinya ini guna melindungi dari segala jenis bahaya disaat bekerja.

Lalu apa saja alat-alat keselamatan kerja itu ? Berikut ini adalah alat-alatnya:

  1. Helm Safety
    Helm safety diciptakan untuk melindungi kepala misalkan terbentur dengan pipa atau atap serta menghindari kepala dari terjatuhnya benda berat dari atas. Penerapan helm safety dengan benar dapat memberikan perlindungan yang optimal pada bagian kepala anda. Tempat kerja misalnya kilang minyak, petrol kimia, pabrik pupuk, proyek pembangunan gedung serta yang lainnya pada umumnya memilih helm safety sebagai pelindung utamanya. Karena kemungkinan bahaya pada bagiab kepala banyak berada di lingkungan kerja tersebut.
  2. Sabuk Keselamatan atau safety belt
    Alat ini memiliki fungsi sebagai alat pengaman pada saat menggunakan alat transportasi misalkan kendaraan beroda empat, pesawat, dan kendaraan lainnya.
  3. Sepatu pelindung atau safety shoes
    Sepatu ini bukan sepatu yang diperuntukkan sebagai penunjang fashion, tapi diperuntukkan sebagai alat pengaman disaat bekerja untuk melindungi kaki pada benda-benda berat, tajam, panas, serta cairan kimia maupun benda berbahaya lainnya.
  4. Sarung Tangan
    Alat ini diperuntukkan guna melindungi tangan disaat bekerja di zona atau situasi yang dapat menyebabkan tangan teruka. Bahan serta bentuk dari sarung tangan ini disesuaikan dengan fungsi dari masing-masing pekerjaan tersebut.
  5. Tali Pengaman atau Safety Harness
    Alat ini diperuntukkan sebagai pengamanan disaat bekerja di tempat yang tinggi. Diharuskan menggunakan alat ini disaat bekerja dengan ketinggian diatas 1,8 meter.
  6. Penutup Pendengaran Ear Plug / Ear Muff
    Bermanfaat sebagai pelindung pada telinga disaat bekerja pada daerah yang berisik.
  7. Kacamata Safety/Pengaman atau Safety Glasses
    Kacamata safety bermanfaat untuk melindungi mata pada saat bekerja misalnya mengelas.
  8. Masker atau Respirator
    Bermanfaat untuk menyaring udara yang dihirup disaat anda bekerja di zona dengan udara yang buruk misalnya debu atau udara beracun.
  9. Pelindung wajah atau Face Shield
    Bermanfaat untuk melindungi wajah pada percikan-percikan benda asing disaat bekerja misalnya pekerjaan mengelas atau menggerinda.
  10. Jas Hujan atau Rain Coat
    Bermanfaat untuk melindungi tubuh pada percikan air disaat bekerja misalnya diharuskan bekerja disaat hujan.

Sekian pembahasan mengenai alat-alat keselamatan kerja, semoga dapat menambah wawasan anda akan pentingnya penggunaan alat keselamatan kerja di berbagai bidang pekerjaan yang dihadapi.