Jika Anda pernah membersihkan buku-buku lama, maka Anda sudah memahami perjuangannya.. Anda perlu tahu cara membersihkan buku lebih dari sebelumnya. Karena itulah saatnya bagi kita untuk melihat kembali perawatan buku-buku lama dan antik dengan tips berikut ini.

1. Ambil Buku

Kunci dari setiap keberhasilan adalah persiapan. Anda akan memerlukan rencana jika Anda ingin menjaga buku lama Anda tetap bagus. Itu berarti mengidentifikasi tidak hanya masalah buku, tetapi memastikan bahwa Anda tidak akan merusaknya.

Tuliskan semua yang ingin Anda lakukan pada buku sebelum Anda mulai. Kemudian, satu per satu, uji semua persediaan pembersih yang ingin Anda gunakan pada bagian kecil, penutup yang tidak penting, jaket debu, halaman, dll. Anda mencari reaksi yang buruk. Jika buku Anda alergi terhadap pembersih jeruk, misalnya, maka Anda akan tahu untuk menghindarinya.

Baca Juga: Buku Management

2. Temukan Noda Kotoran Terlebih Dahulu

Untuk langkah ini, Anda akan membutuhkan vacum yang lembut dan kuas lembut atau sikat gigi lunak yang tidak digunakan. Pertimbangkan untuk meletakkan kain bersih di atas selang vakum untuk melemahkannya. Kain lembut dapat menggantikan sikat sampai batas tertentu, asalkan tidak berbau. Namun, ketika Anda perlu membersihkan kotoran dari antara halaman, Anda akan memerlukan yang berbulu panjang.

Balikkan buku ke punggungnya. Jika ada sampul berdebu, lepas itu. Gunakan vacum untuk mengeluarkan debu yang menumpuk pada penjilidan atau penutup. Setelah itu selesai, bersihkan kotoran di antara halaman.

Cleaning pad dokumen adalah pilihan yang baik untuk mengeluarkan kotoran dari buku. Peras dengan lembut pada bagian yang sakit untuk melepaskan bubuknya. Lalu, gosok dengan hati-hati.

3. Atasi Kotoran, Jamur, Dan Noda

Jamur

Buku tua akrab dan disukai kebanyakan jamur, yang mengerikan bagi buku Anda. Jika buku lama Anda berbau seperti buku baru, maka Anda melakukan pekerjaan pembersihan dengan baik. Jika tidak, saatnya untuk membunuh beberapa mikro organisme.

Gunakan kain atau sikat segar untuk menghilangkan jamur jika Anda bisa melihatnya. Ketika itu tidak memungkinkan, basahi kain bersih dengan alkohol yang sangat ringan dan gunakanlah pada penutup, pastikan untuk mengeringkannya secara menyeluruh sesudahnya. Ini juga merupakan ide yang baik untuk melakukan uji spot sebelum mendaftar.

Untuk merawat buku berjamur, letakkan selembar kertas lilin di bawah halaman yang terinfeksi sebelum Anda mengobatinya. Ingat, jamur hidup dan menular. Bersihkan infeksi hanya setelah melindungi sisa buku ini dan usap dengan lembut titik berjamur dengan sejumlah kecil alkohol atau hidrogen peroksida.

Setelah Anda membersihkan cetakan, masukkan buku ke dalam wadah tertutup dengan baking soda atau arang aktif selama beberapa jam. (Jangan biarkan zat-zat ini masuk ke dalam buku itu sendiri.) Itu akan menyerap bau apek.

Menjaga buku-buku Anda bersih adalah cara yang bagus untuk mencegah jamur menjadi masalah. Jika Anda serius tentang perang terhadap jamur.

Lemak

Letakkan handuk kertas di antara halaman yang berminyak. Tutup buku dan beri beban di atasnya. Handuk kertas akan menyerap minyak dalam beberapa jam atau hari. Ulangi seperlunya.

Kotoran

Kotoran bisa Anda rasakan ketika Anda menggerakan buku. Sisa makanan adalah beberapa yang terburuk dari kategori ini, tetapi bukan satu-satunya penyebab sejauh ini. Untungnya, tugas dalam lemari es akan membuatnya lebih mudah untuk membuang kotoran itu dari halaman dengan pisau cukur. Tinggalkan buku dalam suhu dingin selama beberapa jam.

Noda

Cleaning pad dokumen juga merupakan langkah awal yang baik untuk menghilangkan noda. Penghapus kotoran karet yang divulkanisir, sering disebut spons pembersih kering, adalah yang kedua. Gosokkan sepon kecil spons di atas noda yang ingin Anda hapus, buang sedikit sponsnya saat tidak lagi efektif.

Absorbene adalah sahabat buku. Semacam dempul berwarna merah muda yang mengambil noda dan kotoran dalam jumlah yang luar biasa saat Anda menerapkannya pada sebuah halaman.

Jika semuanya gagal, coba gunakan Brodex Multiguna Cleaner berbasis jeruk. Pastikan Anda mengecek dulu!

Simak Juga: Buku Bisnis

4. Menangani Kelembapan

Pertama, jangan panik jika buku Anda basah. Jangan mencoba untuk menghapus halaman, karena Anda dapat mengotori atau merobeknya. Keringkan buku sebelum Anda mengurangi jamur, kotoran, atau noda.

Jika Anda perlu melakukan persiapan untuk membersihkan buku Anda yang basah, masukkan buku itu ke dalam kantung yang tertutup rapat dan masukkan dulu ke dalam freezer. Itu harus mencegah atau memperlambat pertumbuhan jamur saat Anda teratur. Saat Anda siap, biarkan buku mencair sebelum Anda mulai mengerjakannya.

Siapkan kipas angin di bagian lain ruangan. Aliran udara akan membantu teman kertas Anda yang mengering lebih cepat, tetapi pengeringan yang tidak rata dapat menyebabkan buku melengkung. Udara tidak seharusnya bertiup tepat di buku.

Jika buku Anda basah kuyup, Anda harus meletakkan sesuatu yang menyerap di antara setiap halaman. Handuk kertas sangat ideal karena tipis dan mudah digunakan; Anda mungkin perlu mengubahnya setiap sepuluh atau lima belas menit pada awalnya. Setelah buku tidak basah kuyup, taburkan tepung jagung di antara halaman-halaman dan tutup dalam wadah kedap udara. Biarkan selama satu atau dua jam, lalu lepaskan dan singkirkan tepung jagung. Ulangi sampai buku kering.

5. Bekerja Hati-hati Dengan Penutup Cover Khusus

Art gum adalah pilihan terbaik Anda untuk membersihkan penutup kain. Anda dapat menggunakan Absorbene juga, serta bantalan pembersih dokumen seperti dijelaskan di atas. Beberapa sumber menyarankan untuk menggunakan kain bersih dengan sedikit pelembut kain, tetapi cobalah untuk menghindari mengekspos buku Anda pada bahan kimia yang tidak 100% Anda yakini. Jika Anda benar-benar berpikir Anda perlu mendapatkan kain yang lembab, gunakan hampir tidak ada air dan keringkan buku secara menyeluruh sesudahnya.

Kulit

Kulit bereaksi berbeda terhadap pembersih yang sama, jadi periksa di tempat seperti kehidupan buku Anda bergantung padanya. Yang mengatakan, sabun terkadang merupakan pilihan yang baik, dan beberapa suka pembersih berbasis minyak bumi. Selalu gunakan sesedikit mungkin. Jangan pernah membersihkan suede dengan apa pun kecuali kain kering.

Jika Anda merasa memiliki buku vellum di tangan Anda, alat yang Anda butuhkan adalah telepon. Panggil saja seorang ahli. Vellum bukan kulit dan tidak bereaksi seperti kulit. Ini membenci kelembaban, cahaya, sebagian besar produk pembersih, dan mungkin tidak akan bekerja sama dengan apa pun yang Anda lakukan.

Ada juga masalah degeneratif yang dialami kulit tua yang disebut pembusukan. Anda akan tahu bahwa itulah yang Anda hadapi ketika kulit Anda yang agung terjatuh di antara jari-jari Anda. Cellugel dapat menstabilkan penutup kulit yang busuk.

Kertas

Jangan pernah gunakan Windex di sampul kertas! Orang akan memberitahu Anda untuk melakukan ini. Saya mengatakan kepada Anda untuk tidak melakukannya. Jangan lakukan itu. Kembali lagi ke teman lama kita, pad cleaning dokumen. Perlakukan kertas dan sampul matte seperti halnya Anda memperlakukan halaman. Absorbene juga bisa membantu.

Cek Juga: Toko Buku Import

6. Bersihkan tepi yang rapuh

Setelah menyedot debu, sikat gigi dapat membantu Anda membersihkan tepi halaman yang halus. (Ingat, tutup tabung vakum itu dengan kain untuk melemahkan isapnya!)

Jelas, Anda tidak boleh menggunakan sikat gigi yang pernah ada di mulut Anda pada buku. Tidak hanya sikat gigi bekas penuh dengan kuman, tetapi jika itu cukup sulit untuk membersihkan gigi Anda, maka itu mungkin terlalu keras untuk kertas rapuh. Dapatkan kuas terlembut yang mungkin. Kuas makeup juga bagus untuk hal ini.

7. Keluar Bug

Jika Anda memiliki freezer, Anda dapat mendinginkan serangga yang ada dibuku sampai mati. Beberapa, seperti bedbugs, sangat kuat, jadi ini bisa memakan waktu berminggu-minggu. Namun, mungkin lebih baik menggunakan pestisida karena Anda mungkin tidak tahu bagaimana buku ini akan bereaksi jika dikerubungi serangga.

Yang mengatakan, jika bug harus dimusnahkan, cobalah untuk memastikan bagaimana buku akan bereaksi sebelum Anda mengekspos seluruh volume pada asap beracun. Jika semua tampak baik-baik saja, berdirilah tegak di wadah tertutup sehingga halaman-halamannya terbuka. Lalu, musnahkan serangga tersebut. Beri udara buku dengan baik sesudahnya, lalu bersihkan dengan saksama untuk menghilangkan serangga mati dan telur serangga. Untuk membersihkan, campur satu bagian pemutih dengan lima bagian air dan pemeriksaan spot, pemeriksaan spot, pemeriksaan spot sebelum Anda membersihkan kotoran. Seperti biasa, gunakan sesedikit mungkin.

Anda juga dapat secara fisik menghapus sarang mereka. Anda membutuhkan pinset, kaca pembesar, dan banyak kesabaran. Namun, mungkin lebih baik mengaburkan buku Anda yang halus dengan bahan kimia berbahaya yang tidak dikenal.

8. Cara Membersihkan Buku yang sudah sangat LAMA: Pencegahan

Jaminan terbaik Anda untuk menjaga buku-buku kuno dalam kondisi baik adalah pencegahan. Jaga agar mereka tidak lembab dan dengan hati-hati menyedot debu dan debu setiap minggu. Lakukan pemeliharaan preventif. Semakin Anda mengenal buku Anda, semakin baik Anda tahu apa yang berhasil untuk buku itu.

Pertimbangkan untuk mendigitalkannya secara profesional jika Anda ingin terus menggunakannya. Dengan begitu, Anda tidak perlu keausan pada benda asli.

Kunjungi Juga: Toko Buku Kuliah