Salah satu hal terbaik tentang berenang adalah Anda tidak memerlukan banyak perlengkapan berenang yang dibutuhkan umumnya mengeluarkan biaya yang sedikit. Panduan ini akan membantu Anda menentukan apa yang Anda butuhkan, dan memilih perlengkapan terbaik untuk Anda. Jika Anda berenang di kolam renang lintasan umum kemungkinan besar beberapa perlengkapan sudah ada untuk Anda gunakan. Perlengkapan tersebut meliputi:

  • Baju renang
  • Rash Guard atau Sun Guard
  • Baju renang
  • Kacamata renang
  • Papan kickboard
  • Dayung
  • Pull buoy
  • Swimfins
  • Noseclip

Baju renang

Apakah Anda pria atau wanita, Anda memerlukan setidaknya 2 setelan latihan yang baik. Satu dapat mencukupi, tetapi 2 lebih baik jika Anda berenang pada hari yang berurutan. Lebih nyaman memakai setelan yang kering daripada setelan yang tidak kering setelah latihan sebelumnya.

Setelan datang dalam berbagai kain dan campuran. Kebanyakan orang berenang di kolam yang dirawat dengan Klorin atau bahan kimia serupa. Kain dapat menyerap bahan kimia tanpa memudar atau cepat rusak. Juga cari suite dengan persentase lycra atau bahan peregangan lainnya yang tinggi. Ini akan memberi Anda kecocokan yang paling ketat dan paling ramping.

Pakaian Renang untuk Pria

Gaya untuk pakaian renang pria bervariasi dari bikini ultra pendek hingga celana penuh. Temukan apa yang nyaman untuk Anda. Kunci dari mens suit adalah memilih setelan yang ramping dan tidak longgar. Jangan mencoba berenang dengan celana pantai bergaya Anda. Ya, Anda akan bekerja lebih keras dengan gaya tarik ekstra, tetapi itu tidak akan membantu meningkatkan teknik berenang Anda.

Pakaian Renang Wanita

Setelan wanita memiliki banyak variasi gaya. Secara umum, setelan satu potong adalah yang terbaik, tetapi setelan dua potong yang dibuat untuk triatlet juga bisa digunakan. Pastikan garis leher tidak dipotong terlalu rendah atau akan meraup air saat Anda berenang. Juga pertimbangkan bentuk tubuh Anda dan potongan punggung “punggung terbang” atau “punggung berlian” biasanya menahan pakaian di tempat yang terbaik untuk perenang.

Cek Juga: Harga Kolam Renang Anak

Rash Guard

Rash Guard dinamai sesuai penggunaannya dengan papan selancar, tetapi cocok untuk olahraga air apa pun yang dilakukan di bawah sinar matahari. Desainnya sederhana. Ini adalah kemeja lengan panjang stretchable lycra blend. Pelindung ruam, atau pengukur sinar matahari seperti yang kadang-kadang disebut dapat menyelamatkan Anda dari sengatan matahari. Mereka juga dapat melindungi Anda dari sengatan jika Anda berenang di perairan terbuka.

Topi Renang

Apakah rambut Anda panjang atau pendek, topi renang selalu merupakan ide bagus. Ini melindungi rambut Anda dari bahan kimia, menjauhkannya dari mata Anda, dan menambahkan sedikit kehangatan. Ada tiga bahan dasar yang digunakan untuk baju renang: lateks, silikon, dan lycra. Topi renang lateks tidak mahal dan merupakan jenis yang paling umum digunakan. Namun, tutup lateks tidak tahan lama dibandingkan bahan lain, dan cenderung saling menempel dan terkadang robek saat Anda mencoba memisahkan atau memakainya. Alternatif untuk lateks adalah topi renang silikon. Ini lebih tebal dan lebih tahan lama. Mereka bertahan lebih lama, tidak terlalu lengket dan lebih mudah dipakai. Meskipun tidak memiliki peregangan sebanyak topi renang lateks, topi ini lebih tahan lama dan tidak sobek. Pilihan ketiga adalah topi renang lycra. Ini terbuat dari kain yang mirip dengan baju renang Anda. Mereka mudah dipakai dan nyaman dipakai. Tidak seperti baju renang lateks dan silikon, tutup lycra tidak mengurangi aliran air. Bahan kimia dalam air akan terus beredar di sekitar rambut Anda, jadi jika itu yang menjadi perhatian gunakan lateks atau silikon untuk membatasi aliran air dan melindungi rambut Anda dengan lebih baik.

Simak Juga: Harga Pelampung Renang

Kacamata renang

Menemukan sepasang kacamata yang sempurna bisa terasa menantang. Namun, begitu Anda memilikinya, kenikmatan berenang Anda akan meningkat pesat. Beberapa orang lebih suka memiliki kacamata yang pas dengan rongga mata. Perenang lain lebih menyukai goggle yang lebih besar dengan bantalan lebih banyak. Cobalah beberapa jenis berbeda untuk menemukan kecocokan Anda. Setelah Anda menemukannya, belilah beberapa pasang. Jika Anda berenang di luar ruangan, dapatkan kacamata dengan lensa berwarna untuk membantu menghalangi silau matahari. Jika Anda berenang di dalam ruangan, lensa bening lebih disukai untuk membiarkan lebih banyak cahaya masuk.

Kickboards

Beberapa pelatih renang dan perenang lebih suka menghindari papan seluncur sama sekali. Yang lain menggunakannya sebagai alat yang berharga. Kami cenderung berpikir bahwa mereka dapat berguna dalam beberapa kasus, terutama bagi perenang yang baru belajar melakukan latihan intensif. Papan luncur memberikan kesempatan kepada perenang untuk mengistirahatkan bagian tubuhnya. Baik bulat atau runcing, papan luncur harus berukuran nyaman. Cari papan luncur yang cepat menumpahkan air sehingga mudah untuk dikemas dan cepat keluar dari kolam.

Cek Juga: Pelampung Bayi

Dayung

Hanya ada satu alasan untuk menggunakan dayung renang; untuk membangun kekuatan. Banyak perenang dan pelatih menyatakan bahwa mereka akan membantu meningkatkan teknik, tetapi karena mereka menciptakan lebih banyak perlawanan, peningkatan teknik berenang tidak dapat dikembangkan sepenuhnya. Namun, jika Anda mencoba membangun kekuatan dan ketahanan otot, maka dayung adalah alat yang baik untuk digunakan. Beberapa dayung renang berbentuk bujur sangkar datar dengan pipa bedah didorong melalui lubang. Dayung renang lainnya dibentuk agar sesuai dengan bentuk tangan Anda dan jari-jari Anda bersarang di lekukan. Gaya apa pun yang Anda pilih pastikan Anda membeli dayung agar sesuai dengan tingkat kekuatan Anda. Bahkan jika Anda memiliki tangan yang besar, Anda dapat mencoba dayung kecil jika otot Anda tidak terlalu kuat. Jika Anda sangat kuat, tetapi tangan Anda kecil, lanjutkan dan coba dayung yang lebih besar untuk meningkatkan resistensi. Kunci untuk diingat adalah semakin besar ukuran dayung, semakin sulit untuk berenang bersama mereka. Akan ada lebih banyak perlawanan.

Pull buoy

Jika Anda belajar berenang dan mencoba “berenang menuruni bukit” seperti yang disarankan oleh beberapa program, maka Anda sebaiknya menggunakan pull buoy. Perangkat sederhana ini dapat dijepit di antara paha, lutut, atau pergelangan kaki untuk memberikan daya apung tambahan. Saat menggunakan pull buoy, Anda tidak akan menendang kaki sehingga latihan kekuatan dan teknik berenang adalah alasan umum untuk menggunakan pelampung tarik.

Baca Juga: Ban Renang Anak

Swimfins

Jika Anda mencoba membangun kekuatan di kaki Anda atau memulihkan diri dari masalah lutut, maka swimfins mungkin bagus untuk digunakan. Ingatlah bahwa swimfins akan menciptakan lebih banyak perlawanan, seperti halnya dayung, sehingga membutuhkan lebih banyak kekuatan dan tenaga. Karena tendangan hanyalah sebagian kecil dari pukulan Anda untuk gaya bebas, gaya kupu-kupu, dan gaya punggung, maka penggunaan swimfins untuk meningkatkan teknik tidak terlalu efektif. Mereka akan membuat Anda berenang lebih cepat, tetapi begitu Anda melepaskannya, efeknya tidak bertahan lama.

Jenis swimfins sangat bervariasi. Ada swimfins yang didesain khusus untuk kebugaran perenang. Mereka kecil dan pas di kaki Anda. Beberapa perenang juga akan menggunakan swimfins snorkeling atau swimfins papan boogie. Hati-hati dengan jenis bahan pembuatan swimfins Anda. Beberapa kolam renang umum tidak memperbolehkan swinfins karet karena dapat menandai dasar kolam.

Noseklip

Sangat sedikit perenang yang menggunakan noseclips. Secara tradisional mereka digunakan oleh pemula atau oleh perenang tersinkronisasi yang sering berputar-putar. Mereka dapat membantu perenang yang sensitif terhadap klorin. Mereka juga dapat membantu perenang pemula saat mereka belajar melakukan flip turn.

Saat memilih noseclip Anda harus bisa ditekuk sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan benar. Pastikan juga memiliki bantalan agar nyaman di hidung Anda untuk latihan panjang.

Kunjungi Juga: Toko Peralatan Renang