Anda mungkin berpikir, di zaman modern ini di mana digital telah mengambil alih, bahwa ada cara canggih untuk membuat tanda neon. Sebenarnya, semua desain dan pembuatan dilakukan di rumah dengan tangan. Prosesnya hampir tidak berubah selama 100 tahun terakhir ini.

Jadi, bagaimana cara kerja tanda neon? Bagaimana kita mengambil sketsa sederhana dan mengubahnya menjadi sesuatu yang spektakuler? Berikut adalah wawasan kami tentang seni membuat tanda neon.

Baca Juga: Harga Huruf Timbul Acrylic

Tahap pertama pembuatan neon sign

Setiap tanda neon berasal dari ide awal Anda. Meskipun pada awalnya Anda tidak yakin, banyak ide untuk dijelajahi dan mendapatkan inspirasi.

Dari sana, kita dapat membuat gambar kaca ukuran penuh yang siap untuk membuat tanda neon berskala. Namun, kami membuat gambar secara terbalik; ini agar setiap bagian yang perlu disembunyikan ada di belakang. Untuk menyelesaikan tahap selanjutnya dalam membuat tanda neon, kita kemudian perlu mengukur tabung kaca terhadap gambar, menandai setiap tempat di mana kaca perlu ditekuk.

Kaca kami memiliki panjang 1,5m, dengan berbagai diameter mulai dari 8mm hingga 25mm. Umumnya kami menggunakan diameter 10mm. Untuk membentuk kaca, kami mengambil tabung gelas lurus dan memanaskannya di api terbuka. Bergantung pada warna tanda neon terakhir, kami akan menggunakan kaca bening, berlapis bubuk, atau berwarna. Dengan menjaga kaca tetap menyala, kami membengkokkan kaca ke bentuk yang benar.

Dari sana, kaca dimasukkan ke dalam api yang lebih dingin untuk membantunya mendingin kembali dengan cepat. Saat kami melanjutkan, kami terus mencocokkan kaca dengan gambar untuk memastikan desain asli direplikasi dengan sempurna. Jika ada bagian desain yang lebih kecil, seperti huruf kecil, terkadang kami membuatnya secara terpisah dan menggabungkannya dengan memanaskan kaca di kedua bagian dan menggabungkannya. Ini membuatnya lebih mudah saat membuat tanda neon yang sedikit lebih rumit.

Simak Juga: Neon Box Huruf Timbul

Tahap teknis pembuatan neon sign

Di sinilah proses pembuatan tanda neon menjadi sedikit ilmiah. Setelah puas dengan bentuk tabung kaca, selanjutnya Anda menambahkan elektroda ke kedua ujung setiap bagian kaca. Udara kemudian dikeluarkan dari setiap bagian menggunakan pompa vakum.

Setelah selesai, tabung diberi listrik bertegangan tinggi, yang membuat tabung dan elektroda menjadi sangat panas. Setelah itu, bagian-bagian kaca tersebut dipompa dengan gas neon atau argon. Itu tergantung pada warna gas yang digunakan; sebagian besar warna membutuhkan gas argon, sedangkan yang paling utama adalah warna merah yang membutuhkan gas neon.

Bagian kaca yang dipompa digantung di tempat yang kita sebut teluk penuaan, terhubung ke transformator. Ini menciptakan proses penuaan yang memastikan gas telah cukup terbakar. Pada tahap inilah kami mengecat bagian-bagian kaca dengan cat block-out sehingga cahaya tidak terlihat melalui beberapa bagian. Ini biasanya adalah bagian belakang huruf atau spasi di antara bagian tanda yang tidak perlu menyala.

Cek juga: Jasa Huruf Timbul

Menyatukan tanda neon

Sekarang, bagian menarik dari membuat tanda neon! Setelah kita mencapai tahap ini, bagian neon perlu dipasang. Ini biasanya dilakukan pada kotak akrilik, atau pada panel akrilik.

Trafo dipasang ke panel belakang, atau di dalam casing, sementara penyangga tabung dipasang untuk menahan neon di tempatnya. Setiap bagian pipa kaca yang terpisah disambungkan untuk membuat sirkuit. Kabel telanjang ditutupi dengan silikon dan penutup untuk keselamatan, dan kabel apa pun disambungkan ke transformator untuk melengkapi rangkaian.

Penyesuaian terakhir dilakukan untuk memastikan kesempurnaan, dan voila! Produk jadi dinyalakan dan siap digantung di dinding Anda.

Kunjungi Juga: neon box serpong