Sekitar 3 juta kilatan petir terjadi di Bumi setiap hari, yang berjumlah 30 kilatan per detik, dan sementara banyak dari kilatan ini berpindah dari awan ke awan, sejumlah signifikan mencapai tanah. Tersambar petir mungkin secara statistik tidak mungkin, tetapi itu bukan tidak bisa terjadi, dan Anda perlu mengambil langkah untuk melindungi diri sendiri.

Kilat dan petir

Petir adalah pelepasan listrik statis ke atmosfer yang menumpuk di awan sebagai akibat dari gerakan air dan tetesan es ke atas dan ke bawah. Gesekan yang ditimbulkan oleh tetesan ini menciptakan muatan negatif di bagian bawah awan dan muatan positif di bagian atas. Ketika muatan cukup besar untuk mengatasi efek isolasi atmosfer, busur listrik melompat ke awan lain atau ke tanah. Busur itu memanaskan udara secara berlebihan, menyebabkannya tiba-tiba mengembang dan menghasilkan retakan guntur. Guntur berubah menjadi gemuruh saat udara terus bergetar.

Lihat Juga: Pasang Penangkal Petir

Dua Jenis Petir Tanah

Jenis masalah petir tanah yang paling umum berasal dari bagian bawah awan. Ini menarik muatan positif dari Bumi, yang terakumulasi pada titik tertentu dan menciptakan pita yang menjangkau untuk memenuhi pemimpin loncatan yang datang dari awan. Masalah petir jenis kedua – lebih berbahaya – dari puncak awan. Petir positif ini, yang merupakan 5 persen dari semua sambaran petir, memiliki muatan yang lebih besar daripada petir biasa, yang memberinya kekuatan untuk menempuh jarak jauh – sejauh 16 kilometer (10 mil) dari pusat awan.

Simak Juga: Alat Penangkal Petir

Hindari Benda Tinggi

Karena udara adalah penyekat listrik yang efektif, muatan listrik yang naik dari bumi meminimalkan jarak yang harus ditempuh melalui udara dalam perjalanannya untuk bertemu dengan pemimpin yang datang dari awan. Oleh karena itu, ia naik melalui objek tertinggi di sekitar awan, yang mungkin berupa pohon atau gedung tinggi. Jika Anda terjebak di luar saat badai, Anda harus menjauhi benda-benda tinggi seperti pohon dan bangunan karena ini mengarahkan listrik ke tanah, dan dapat berpindah melalui sepatu Anda. Jika tidak ada apa-apa di dekat Anda, Anda harus berjongkok untuk menghindari menjadikan diri Anda objek tertinggi. Jangan berbaring, karena petir menjalar melalui tanah sejauh 30 meter (100 kaki) dari tempat ia menyambar.

Cek Juga: Harga Penangkal Petir

Aturan Keselamatan Umum

Saat Anda melihat kilatan petir, hitung jumlah detik sampai Anda mendengar guntur, dan cari perlindungan jika hitungannya kurang dari 30. Tempat berlindung yang tepat adalah setiap bangunan tertutup dengan atap, empat dinding dan lantai isolasi atau kendaraan dengan atap. – hindari garasi terbuka, teras, dan mobil convertible. Saat berada di dalam, hindari menggunakan air atau telepon rumah karena petir bergerak melalui pipa ledeng dan kabel telepon. Anda harus tetap di dalam rumah selama 30 menit setelah mendengar suara gemuruh terakhir – sebagian besar korban terjadi setelah badai berlalu dan orang-orang keluar sebelum waktunya. Setelah 30 menit, Anda dapat yakin bahwa badai terlalu jauh untuk menyerang Anda dengan sambaran petir positif.

Kunjungi Juga: Alat Penangkal Petir